KARYA
TULIS ILMIAH
JUDUL :
PENGHIJAUAN
LINGKUNGAN
SEKOLAH
Di
susun / di tulis oleh :
v
BAITUNIZAH
v
JOHARIAH
v
JUNI
HAENI ASMIATI
v
RUMINEP
v
RINA
YUNITA
v
HIJRATIL
AINI
SMPN 2 Bayan 13
Maret 2015
I.
Halaman Judul :
PENGHIJAUAN LINGKUNGAN SEKOLAH
( Karya
Tulis Ilmiah )
Di Tulis Dan Di Susun Oleh
v
BAITUNIZAH
v
JOHARIAH
v
JUNI
HAENI ASMIATI
v
RUMINUP
v
RINA
YUNITA
v
HIJRATIL
AINI
II.
Halaman pengesahan
Karya
tulis ilmiah yang berjudul “Penghijauan lingkungan sekolah”
telah
di sahkan dan di setujui pada :
Hari
: jum’at
Tanggal : 13 Maret 2015
III.
Kata pengantar
Segala
puja dan puji sukur senantiasa kami panjatkan kepada ALLAH swt, tuhan yang maha
esa yang telah memberikan rahmat serta hidayah nyasehingga dalam penulisan
karya ilmiah ini saya tidak mengalami kendala yang berarti hingga terselesainya
karya ilmiah yang kami beri judul “penghijauan lingkungan sekolah” pada kesempatan ini dalam penulisan karya
ilmiah ini kami mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak, oleh karnanya
dari hati yang terdalam kami juga ingin mengungkapkan rasa terimakasih kami
kepada :
·
Para orang tua kami yang telahmemberikan
dukungan moril ataupun material.
·
Teman teman seperjuangan yang juga selalu
memberikan motivasi baik dan hal-hal lainnya dalam rangka pembuatan karya
ilmiah ini.
·
Pihak pihak terkait lainnya yang juga turut
serta membantu kami dalam menyelsaikan karya tulis ilmiah ini.
Saya
sangat menyadari tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga dalam penulisan
karya ilmiah ini, apa bila nantinya terdapat kekurangan, kesalahan dalam karya
tulis ilmiah ini, kami selaku penulis sangat berharap kepada seluruh pihak agar
dapat memberikan kritik dan saran seperlunya, akhir kata semoga karya tulis
ilmiah ini dapat memberikan manfaat dan bahan pembelajaran kepada kita semua.
IV.
Daftar isi
Halaman
judul..........................................................................................................I
Halaman
pengesahan............................................................................................
II
Kata
pengantar.....................................................................................................III
Daftar
isi................................................................................................................IV
BAB I pendahuluan
1.1
latar belakang.....................................................................................................1
1.2
tujuan dan
manfaat............................................................................................2
BAB II pembahasan
BAB III penutup
3.1 kesimpulan
3.2 saran
Daftar pustaka
BAB I
1.1.
Latar
belakang terjadinya masalah adalah adanya berbagai perubahan kondisi dan kualitas lingkungan dan kualitas
lingkungan tentunya akan bisa berpengaruh buruk bagi manusia. Berbagai bentuk kerusakan
lingkungan, seperti pencemaran udara , pencemaran air dan menurunnya kualitas lingkunga bencana
alam seperti, banjir, tanah lonsor, kebakaran hutan krisis air bersih, sekolah
menjadi gersang, hal ini lama kelamaan akan berdampak global pada lingkungan
khususnya bagi kesehatan masyarakat dan sekolah itu sendiri. Manusia terkadang
tenggelam dalam rangkaian kegiatan yang terlalu berlebihan dan tidak
memperhatikan kepentingan lainnya.
Kurangnya
kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan telah
mengakibatkan kemerosotan lingkungan
yang begitu parah hal ini hendaknya menjadi perhatian khusus bagi penanggung
jawab sekolah dan komunitasnya, dalam menata
kembali lingkungan sekolah dari segala bentuk kerusakan lingkungan di samping
menciptakan dan membangun budaya pelaku pendidikan dalam berwawasan lingkungan.
Dalam konteks
ini tidaklah berlebihan jika gerakan ramah lingkunganpun bisa kembali di
gerakkan melalui perogram penghijauan lingkungan sekolah secara menyeluruh
sebab dalam rangka menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup.
Sangatlah perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah masyarakat dengan
sekolah itu sendiri berbagai bencana alam yang melanda berbagai wilayah di
negara kita pada dasarnya merupakan akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam
menata dan memelihara kelestarian
lingkungan.
Masalah
lingkungan seperti bencana banjir, kekeringan, tanah lonsor, kebakaran hutan,
masalah sampah dan meningkatnya kadar polusi udara merupakan masalah lingkungan
yang terbilang bukan sepele, sebab tidak terselesainya atau berlarut larutnya
masalah lingkungan akan menghancurkan potensi
pemenuhan generasi mendatang. Pembangunan di berbagai sekolah hendaknya
bisa menghentikan hendaknya bisa menghentikan ekosistem di sekitarnya di
samping itu penataan lingkungan tanpa menghiraukan kelestarian dan kenyamanan
lingkungan sekitarnya.
Menyikapi hal
ini sebagai pelaku pendidikan dan anggota masyarakat yang cinta lingkungan
paling tidak kita secara moral (etika) bisa kita berpartisipasi pada setiap
program yang terkait dengan program kelestarian lingkungan hidup yang di
canangkan oleh pemerintah melalui lingkungan paling dekat dengan kita yaitu
lingkungan sekolah.
1.2. Tujuan
Ddengan
adanya penerapan penghijauan lingkongan sekolah di harapkan menjadi satu
alternatif dalam menata dan memelihara kelestarian hidup di wilayah indonesia.
Di samping adanya kesadaran masyarakat yang tinggi dalam mengantisifasi dari
segala bentuk pengerusakan dan pencemaran lingkungan.
BAB II
A.
pembahasan atau manfaat
Membangun kesadaran siswa agar
mempunyai wawasan lingkungan yang luas merupakan “pilar” dalam menjaga kondisi
lingkungan bener bener jauh dari berbagai sumber pengerusakan dan pencemaran
lingkungan sebab pada dasarnya masalah lingkungan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan di
sebabkan oleh tangan tangan manusia itu sendiri.
Dengan pola pendidikan melalui konstitusi pendidikan ataupun dengan penyuluhan lansung ke siswa secara sungguh sungguh akan
terciptakan akar budaya masyarakat yang mempunyai kesadaran lingkungan yang
tinggi. Intinyan etika lingkungan akan
menjadi pondasi setiap pembangunan di indonesia.
B.
Cara memelihara lingkungan sekolah
ü
Melaksanakan tata tertib dan kebersihan,
kelestarian lingkungan sekolah.
ü
Mengembangkan kecintaan dan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah,
ü
berbagai lembaga kepedulian lingkungan sekolah
seperti, lomba kebersihan antar kelas, menulis menggambar atau aneka
kreativitas lain yang besipat ramah lingkungan.
ü
Mengadakan pengaswasan dan penegakan
kedisiplinan.
ü
Mengadakan gerakan cinta kebersihan dan
kesehatan lingkungan sekolah.
ü
Memanfaatkan hari hari besar nasional untuk
gerakan peduli lingkungan
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Secara
keseluruhan, kebersihan dan keasrian sekolah adalah tanggung jawab bersama dari setiap warga sekolah, selain guru dan
siswa pemeliharaan dan perwujudan
lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, kondisi yang demikian akan melahirkan
siswa yang cerdas bermutu berwawasan lingkungan dan serta mampu menentukan
sifat cinta dan peduli lingkungan sekolah maupun masyarakat.
Karya tulis
ilmiah ini bertujuan untuk lebih mengenal lingkungan agar pembaca dapat pula
ikut melestarikan lingkungan.
3.2 Saran
Mari kita
jaga dan lestarikan lingkungan sekolah kita yang kita cintai yaitu ,
SMP NEGERI 2 BAYAN
DAFTAR
PUSTAKA
Siswa SMPN
2 Bayan
Penghijauan
lingkungan sekolah
Bayan :
Karya Cipta Bangsa
(2015)
Edukasi
Sekolah Menengah Pertama
Bayan / 13
/ Maret / 2015
0 komentar:
Post a Comment