Saturday, April 25, 2015

contoh karya tulis ilmiah


KARYA TULIS ILMIAH
JUDUL :
PENGHIJAUAN LINGKUNGAN
SEKOLAH

Di susun / di tulis oleh :
v    BAITUNIZAH
v    JOHARIAH
v    JUNI HAENI ASMIATI
v    RUMINEP
v    RINA YUNITA
v    HIJRATIL AINI

SMPN 2 Bayan 13 Maret 2015
I.                 Halaman Judul :

PENGHIJAUAN LINGKUNGAN SEKOLAH
( Karya Tulis Ilmiah )
Di Tulis Dan Di Susun Oleh


v   BAITUNIZAH
v   JOHARIAH
v   JUNI HAENI ASMIATI
v   RUMINUP
v   RINA YUNITA
v   HIJRATIL AINI


II.              Halaman pengesahan


Karya tulis ilmiah yang berjudul “Penghijauan lingkungan sekolah” 
telah di sahkan dan di setujui pada :

Hari                : jum’at
Tanggal         : 13 Maret 2015



III.          Kata pengantar


Segala puja dan puji sukur senantiasa kami panjatkan kepada ALLAH swt, tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat serta hidayah nyasehingga dalam penulisan karya ilmiah ini saya tidak mengalami kendala yang berarti hingga terselesainya karya ilmiah yang kami beri judul “penghijauan lingkungan sekolah”  pada kesempatan ini dalam penulisan karya ilmiah ini kami mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak, oleh karnanya dari hati yang terdalam kami juga ingin mengungkapkan rasa terimakasih kami kepada :
·         Para orang tua kami yang telahmemberikan dukungan moril ataupun material.
·         Teman teman seperjuangan yang juga selalu memberikan motivasi baik dan hal-hal lainnya dalam rangka pembuatan karya ilmiah ini.
·         Pihak pihak terkait lainnya yang juga turut serta membantu kami dalam menyelsaikan karya tulis ilmiah ini.
Saya sangat menyadari tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga dalam penulisan karya ilmiah ini, apa bila nantinya terdapat kekurangan, kesalahan dalam karya tulis ilmiah ini, kami selaku penulis sangat berharap kepada seluruh pihak agar dapat memberikan kritik dan saran seperlunya, akhir kata semoga karya tulis ilmiah ini dapat memberikan manfaat dan bahan pembelajaran kepada kita semua.


IV.           Daftar isi


Halaman judul..........................................................................................................I
Halaman pengesahan............................................................................................ II
Kata pengantar.....................................................................................................III
Daftar isi................................................................................................................IV


BAB I pendahuluan
1.1   latar belakang.....................................................................................................1
1.2   tujuan dan manfaat............................................................................................2

BAB II pembahasan

BAB III penutup
3.1  kesimpulan
3.2  saran
Daftar pustaka


BAB I
1.1.      Latar belakang terjadinya masalah adalah adanya berbagai perubahan kondisi  dan kualitas lingkungan dan kualitas lingkungan tentunya akan bisa berpengaruh buruk bagi manusia. Berbagai bentuk kerusakan lingkungan, seperti pencemaran udara , pencemaran air  dan menurunnya kualitas lingkunga bencana alam seperti, banjir, tanah lonsor, kebakaran hutan krisis air bersih, sekolah menjadi gersang, hal ini lama kelamaan akan berdampak global pada lingkungan khususnya bagi kesehatan masyarakat dan sekolah itu sendiri. Manusia terkadang tenggelam dalam rangkaian kegiatan yang terlalu berlebihan dan tidak memperhatikan kepentingan lainnya.
                Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan telah mengakibatkan  kemerosotan lingkungan yang begitu parah hal ini hendaknya menjadi perhatian khusus bagi penanggung jawab sekolah  dan komunitasnya, dalam menata kembali lingkungan sekolah dari segala bentuk kerusakan lingkungan di samping menciptakan dan membangun budaya pelaku pendidikan dalam berwawasan lingkungan.
                Dalam konteks ini tidaklah berlebihan jika gerakan ramah lingkunganpun bisa kembali di gerakkan melalui perogram penghijauan lingkungan sekolah secara menyeluruh sebab dalam rangka menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup. Sangatlah perlu adanya kerjasama yang baik antara pemerintah masyarakat dengan sekolah itu sendiri berbagai bencana alam yang melanda berbagai wilayah di negara kita pada dasarnya merupakan akibat kurangnya kesadaran masyarakat dalam menata dan memelihara  kelestarian lingkungan.
                Masalah lingkungan seperti bencana banjir, kekeringan, tanah lonsor, kebakaran hutan, masalah sampah dan meningkatnya kadar polusi udara merupakan masalah lingkungan yang terbilang bukan sepele, sebab tidak terselesainya atau berlarut larutnya masalah lingkungan akan menghancurkan potensi  pemenuhan generasi mendatang. Pembangunan di berbagai sekolah hendaknya bisa menghentikan hendaknya bisa menghentikan ekosistem di sekitarnya di samping itu penataan lingkungan tanpa menghiraukan kelestarian dan kenyamanan lingkungan sekitarnya.
                Menyikapi hal ini sebagai pelaku pendidikan dan anggota masyarakat yang cinta lingkungan paling tidak kita secara moral (etika) bisa kita berpartisipasi pada setiap program yang terkait dengan program kelestarian lingkungan hidup yang di canangkan oleh pemerintah melalui lingkungan paling dekat dengan kita yaitu lingkungan sekolah.

1.2. Tujuan
                Ddengan adanya penerapan penghijauan lingkongan sekolah di harapkan menjadi satu alternatif dalam menata dan memelihara kelestarian hidup di wilayah indonesia. Di samping adanya kesadaran masyarakat yang tinggi dalam mengantisifasi dari segala bentuk pengerusakan dan pencemaran lingkungan.


BAB II
A.      pembahasan atau manfaat
Membangun kesadaran siswa agar mempunyai wawasan lingkungan yang luas merupakan “pilar” dalam menjaga kondisi lingkungan bener bener jauh dari berbagai sumber pengerusakan dan pencemaran lingkungan sebab pada dasarnya masalah lingkungan yang  mengakibatkan kerusakan lingkungan di sebabkan oleh tangan tangan manusia itu sendiri.
         Dengan pola pendidikan melalui konstitusi  pendidikan ataupun  dengan penyuluhan lansung  ke siswa secara sungguh sungguh akan terciptakan akar budaya masyarakat yang mempunyai kesadaran lingkungan yang tinggi. Intinyan etika lingkungan  akan menjadi pondasi setiap pembangunan di indonesia.

B.      Cara memelihara lingkungan sekolah

ü  Melaksanakan tata tertib dan kebersihan, kelestarian lingkungan sekolah.

ü  Mengembangkan kecintaan dan  kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah,

ü  berbagai lembaga kepedulian lingkungan sekolah seperti, lomba kebersihan antar kelas, menulis menggambar atau aneka kreativitas lain yang besipat ramah lingkungan.

ü  Mengadakan pengaswasan dan penegakan kedisiplinan.

ü  Mengadakan gerakan cinta kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.                         
ü  Memanfaatkan hari hari besar nasional untuk gerakan peduli lingkungan


BAB III
PENUTUP
3.1.      Kesimpulan
                Secara keseluruhan, kebersihan dan keasrian sekolah adalah tanggung jawab bersama  dari setiap warga sekolah, selain guru dan siswa  pemeliharaan dan perwujudan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat, kondisi yang demikian akan melahirkan siswa yang cerdas bermutu berwawasan lingkungan dan serta mampu menentukan sifat cinta dan peduli lingkungan sekolah maupun masyarakat.
                Karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk lebih mengenal lingkungan agar pembaca dapat pula ikut melestarikan lingkungan.
3.2        Saran
                Mari kita jaga dan lestarikan lingkungan sekolah kita yang kita cintai yaitu ,
SMP NEGERI 2 BAYAN








DAFTAR PUSTAKA
Siswa SMPN 2 Bayan
Penghijauan lingkungan sekolah
Bayan : Karya Cipta Bangsa
(2015)
Edukasi Sekolah Menengah Pertama
Bayan / 13 / Maret / 2015


                       
           

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com